Skip to main content

Membuat Usaha Obyek Daya Tarik Wisata

                 MAKALAH
TOUR BUSINESS MANAGEMENT
Disusun untuk memenuhi salahsatu tugas matakuliah Tour Business Management

                  Disusun oleh :
                   Siti Masrifah


PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING
SEBELAS APRIL SUMEDANG
2016


Latar belakang
Suatu lokasi di lembang, dimana lokasi tersebut mudah terdapat aliran air dan terletak dipinggir jalan raya. Terdapat tanah kosong dan termasuk 5 kolam didalamnya yang cukup luas milik salah seorang penduduk yang belum ada rencana pembanguna.Saya mempunyai ide untuk membangun usaha tempat pemancingan sekaligus rumah makan ikan. Dari survei ke beberapa pemancingan lainnya bahwa permintaan tempat rekreasi, pemancingan dan lestoran di parongpong dan sekitarnya lumayan tinggi, hal ini memperkuat saya untuk membangun usaha pemancingan beserta rumah makan ikan.

Tujuan
Tujuan saya memilih usaha ini adalah :
Mengingat  pentingnya usaha pemancingan dan melihat besarnya permintaan masyarakat akan rekreasi dan hiburan, maka saya membuka tempat pemancingan ini sebagai rekreasi, rumah makan,  serta sebagai suatu tempat pelepasan penat para karyawan maupun pembeli yang berasal dari berbagai tempat.
Menginginkan laba sebesar-besarnya untuk memajukan usaha dan menambah fasilitas di tempat.
Menarik minat konsumen untuk berkunjung
Mencapai target pasar agar pemancingan plus rumah makan ini terkenal dan dapat membuka cabang di desa parongpong bahkan sampai luar desa.

Segmentasi pasar
Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini, saya harus mengetahui potensi pasar bagaimana produk yang saya jual, bagaimana kelemahan, kekurangan maupun kelebihan/ keunggulan produk yang saya jual, agar konsumen tidak kecewa atas produk/ jasa pelayanan yang saya berikan kepada para konsumen atau pengunjung.
Menentukan objek pasar
Dalam menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dan dapat dicapai atau dijangkau oleh konsumen.
Menentukan target dan sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha ini saya harus menetapkan target pasar dengan melihat perbedaan agar produk yang saya tawarkan bisa dijangkau konsumen.

Keunggulan produk
Keunggulan produk ini diantaranya :
Belum banyak orang yang membuka usaha pemancingan ikan beserta rumah makan di dalamnya, khususnya di daerah parongpong lembang dan sekitarnya sehingga menjadikan usaha ini menjadi peluang usaha baru yang menguntungkan bagi pengusaha dibidang perikanan.
Usaha ini memiliki berbagai macam manfaat disamping bisa menjalankan hobi juga bisa menjadi tempat pelepas penat dan juga bisa melatih kesabaran juga menjadikan tempat berlibur bersama keluarga, kerabat, teman maupun pacar.

Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai suatu usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu dengan menggunakan analisia SWOT :

Strenght (kekuatan)
Menjual suatu produk untuk  semua kalangan masyarakat
1 kolam terdiri dari satu jenis ikan. Disini terdiri dari 5 kolam, 3  untuk pemancingan, 2 untuk penampungan.

Weakness (kelemahan)
Kelemahan dari produk usaha ini adalah dimana ikan banyak yang stres/mati jika sering diberi makan.

Opportunity (peluang)
Tempatnya yang strategis yaitu dipinggir kali dan dekat dengan jalan raya yang memungkinkan untuk dijangkau konsumen.

Trought (ancaman)
Adanya pesaing yang membuka usaha yang sama.

Analisia usaha

Product (produk)
Produk yang saya pasarkan adalah dibidang rekreasi, hiburan dan rumah makan pemancingan ikan

Harga
Harga tiket masuk hanya Rp.3000,- tetapi untuk ikan gurame hasil pancingan yang akan dibawa pulang harus membayar Rp.30.000,- per kilonya, ikan mujair Rp.25.000,- dan ikan mas Rp.35.000,-. Semua ini sudah termasuk pakan dan kursi. Untuk harga menu rumah makan berpareatif tergantung menu apa yang konsumen beli.

Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu dipinggir kali dan dekat dengan jalan raya karena tempatnya yang strategis memungkinkan konsumen menjangkau tempat ini dengan mudah.

Strategi Promosi
Mempromosikan kolam pemancingan sekaligus rumah makan agar cepat diketahui oleh banyak orang, seperti koran, banner, televisi lokal, brosur, dan lain sebagainya.
Serinng sering diadakan event atau acara khusus seperti lomba memancing, diskon memancing, dll.
Memberikan pelayanan yang baik, mengingatkan karyawan agar memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pengunjung.

Analisis BEP kolam pemancingan dan rumah makan
Investasi awal (ia)
Kolam 5 unit yang sudah ada diperbaiki Rp.5.000.000,-
Keramba Rp.2.000.000,-
Pondok jaga ( satpam + tempat parkir) Rp.1.000.000
Pagar Rp.1.000.000

Peralatan pemancing :
Timbangan Rp.500.000,-
Alat pancing Rp.2.500.000,-
Ember Rp.300.000,-
Peralatan lain Rp.500.000,-

Variasi ikan :
Gurame 70 kilo X 20.000 = Rp.1.400.000,-
Ikan mas 70 kilo X 15.000 = Rp.1.150.000,-
Ikan mujaer 70 kilo X 15.000 = Rp.1.150.000,-

Furnitur :
Meja 5 buah Rp.1.500.000,-
Kursi 8 buah Rp.1.000.000,-
Paku Rp.150.000,-
Piring dari bambu 10 lusin X 25.000 = Rp.150.000
Gelas bambu 13 lusin X 25.000 = Rp.150.000
Sendok dan garpu 20 lusin X 10.000 = Rp.200.000
Cadangan biaya Rp.2.000.000,-
Total Investasi Awal (ia) Rp.19.650.000,-
Modal : yang telah kita tahui bahwa pemerintah telah menyediakan Kredit Usaha Rakyat. Dimana apabila ada masyarakat yang ingin memulai usahanya sendiri dapat meminjam KUR tersebut. Begitu juga saya yang memulai usaha ini, modal pertam saya yaitu dari KUR sebesar Rp.20.000.000,-



Comments